SESATKAH THARIQAT ITU

SESATKAH THARIQAT ITU...?

 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Berbicara THARIQAT....

bagi orang yang belum mengetahui pasti bertanya-tanya.

Kenapa harus berthariqat...?

Bukankan sudah cukup amalan-amalan yang kita kerjakan sesuai

dengan rukun islam dan rukun iman  sebagai pondasi dasar dari agama islam itu sendiri…?

 

            Sebab sebahagian ulama mengatakan thariqat itu tidak diperbuat oleh Nabi, sehingga sebahagian ulama dan orang awam berkesimpulan pastilah setiap yang tidak dibuat oleh nabi adalah bid’ah dan setiap yang bid’ah pastilah sesat. Bukankah hal itu selalu ada menghantui pikiran kita serta membuat hati kita berburuk sangka terhadap amalan-amalan thariqat itu sendiri.

 

Rasulullah SAW telah bersabda:

“Barang siapa yang menciptakan Bid’ah dhalalah (maksudnya Bid’ah yang sesat) yang tidak menyenangkan hati bagi Allah dan Rasul-Nya, maka akan ditimpahkan segala dosa orang yang mengamalkan bid’ah itu yang tidak dikurangi sedikitpun”

(H.R. Tirmidzi)

 

             Sedangkan para pengamal thariqat hanya selalu memperbanyak amalan-amalan dzikir dan wirid-wirid yang bersumber dari kitab suci Al-qur’an dan Al-hadits, apakah ini yang kita katakan sesat….??? dan melaksanakan wirid serta membaca surat yassin yang juga diadakan hampir di seluruh daerah khususnya di Indonesia, juga akan kita katakan sesat…??? Sampai hatikah kita atau terlalu kejamkah kita ini untuk mengatakan orang yang membaca ayat-ayat Allah atau firman-firman Allah kita katakan sesat…??? Ampunkanlah kami ya Allah… kalau selama ini kami telah banyak berburuk sangka kepada saudara kami sendiri yang rupa-rupanya mereka mengamalkan amalan – amalan dan wirid-wirid adalah tujuannya untuk lebih mendekatkan diri kepadamu secara penuh dengan keikhlasan hatinya untuk mencintai Allah. Sebagaimana Allah SWT telah berfirman yang bunyi dan artinya:

 

Katakanlah: "Apakah kamu memperdebatkan dengan kami tentang Allah, padahal Dia adalah Tuhan kami dan Tuhan kamu; bagi kami amalan kami, bagi kamu amalan kamu dan hanya kepada-Nya kami mengikhlaskan hati, (Q.S Al Baqarah (2) Ayat 139)

lanjutan klik di: /images/files/Sesatkah%20thariqat%20itu.docx

Bagikan :

Komentar

Tambah Komentar (0)

Batal

Balas Komentar

Komentar Berhasil diterbitkan
Komentar tidak dapat diterbitkan Silakan coba lagi..!
Alamat email yang anda masukkan salah..!
Alamat web yang anda masukkan salah..!
Kode Captcha yang anda masukkan salah...!
Bidang tidak boleh ada yang kosong....!

Artikel Terbaru